Ayam Harum

Bahan:

2 sdm angciu
1 ½ sdm bumbu ngohiong
1 sdm garam
1 sdt merica hitam bubuk
50 gr gula merah, iris halus
1 ekor ayam utuh
3 batang daun bawang, iris 2 cm
6-8 cm jahe, iris tipis
50 gr tepung terigu
Minyak untuk menggoreng

Pelengkap:

Mentimun, potong melintang ½ cm
Garam
Merica bubuk

Caranya:

1. Campur angciu, bumbu ngohiong, garam, merica, dan gula merah hingga gula merah larut.Lumurkan pada bagian luar dan rongga dalam ayam. Masukan daun bawang dan jahe dalam rongga ayam, kemudian tutup kembali, sematkan. Diamkan dalam lemari es selama 15 menit atau lebih.

2. Didihkan air dalam dandang.Taruh ayam dalam wadah tahan panas, tutup dengan kertas aluminium, lalu kukus selama 1 jam. Angkat, keluarkan ayam dari wadah tahan panas,tutup dengan kertas aluminium, lalu kukus selama 1 jam. Angkat, keluarkan ayam dari wadah, taruh di atas rak hingga kering [30 menit].

3. Jerangkan cairan yang keluar sewaktu mengukus ayam di atas api sedang, aduk-aduk hingga mengental, angkat.Setelah ayam kering, oleskan saus kental pada seluruh badan dan rongga ayam. Taburi permukaan ayam dengan tepung terigu.

4. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, goreng ayam selama 5-7 menit hingga kecoklatan. Angkat, tiriskan.Taruh ayam di atas piring saji, sertakan mentimun. Sajikan bersama garam dan merica bubuk.

0 comments :

Post a Comment

Silahkan menikmati hidangan yang ada..

Artikel yang berkaitan: